About me
hi all guest's, I am only a ordinary people, who want a better life then yasterday, fell free to ask about me and follow my another social media. thank's for visiting my blog.

Mengetahui Jumlah Prosessor di Komputer Anda Dengan VB6

bagaimana sih caranya buat mengetahui jumlah processor yang ada dalam komputer kita? Jawabannya adalah sangat mudah unutk mengetahui jumlah processor kita koq. dalam program VB ada tools untuk melihat Windows API.

yang mana Windos API ini menyediakan suatu function GetSystemInfo yang berfungsi untuk mendapatkan informasi pada sistem kita. Nah, kali ini kita akan coba untuk membuat program-nya dengan menggunakan Visual Basic.

Pertama-tama buatlah sebuah project baru (Standard EXE). Tambahkan sebuah kontrol CommandButton ke dalam Form1. Kemudian Anda ketik atau paste code di bawah ini pada bagian kode yang ada pada Form1.


Option Explicit

Private Type SYSTEM_INFO

dwOemID As Long

dwPageSize As Long

lpMinimumApplicationAddress As Long

lpMaximumApplicationAddress As Long

dwActiveProcessorMask As Long

dwNumberOrfProcessors As Long

dwProcessorType As Long

dwAllocationGranularity As Long

dwReserved As Long

End Type

Private Declare Sub GetSystemInfo Lib "kernel32" (lpSystemInfo As SYSTEM_INFO)



Private Sub Command1_Click()

Dim SI As SYSTEM_INFO

GetSystemInfo SI

MsgBox SI.dwNumberOrfProcessors

End Sub


nah sekarang coba jalankan project di atas dan kemudian tekan tombol Command1 pada form.Bim sala Bim.........Program akan menampilkan jumlah prosessor yang terpasang pada komputer. Function API GetSystemInfo di atas mempunyai paramater SI yang bertipe SYSTEM_INFO.

SYSTEM_INFO adalah suatu struktur yang di dalamnya terdapat property dwNumberOrfProcessors yang berisi informasi jumlah prosessor pada saat itu. ok dech met mencoba yach sobat blogger.

Post a Comment