01 March 2008

OverClock VGA Card NVIDIA dengan RivaTuner

Para gemer kebanyakan menggunakan Windows XP sebagai platform Operating System buat ngegame tapi gimana kalau VGA Card yang kita punyai loyo ? Duitpun sedang ga ada untuk membeli VGA Card baru yang lebih bertenaga lalu apa solusinya ? OverClock VGA Card !

Banyak para gemer kesulitan mendapatkan informasi bagaimana melakukan overclock pada VGA Cardnya, tenang, disini saya akan membeberkan Rahasianya untuk sobat blogger! Bahwa begitu mudahnya melakukan overclock VGA Card NVIDIA dengan RivaTuner dan bersiaplah ngegame makin muantab walaupun terkadang tidak selalu begitu .

Saya mencoba melakukan overclock pada VGA Card yang cukup lumayan tua sich yaitu NVIDIA GeForce2 MX 100/200 32 Mb, biar tua tapi untuk maen games 3D yang tidak terlalu berat seperti ItalianJob, WillRock dan lainnya berjalan sangat mulus alias lewat hehe, apalagi setelah Crazy Taxi resolusi 1024x768 tetap lewatlah :).


Pertama-tama sediakan dulu 2 program sebelum memulai overclock yaitu PC Wizard 2006 digunakan untuk memeriksa GPU Frequency dan Memory Frequency GPU pada VGA Card sobat blogger. Untuk melakukan OverClock tentu saja para sobat blogger dapat menggunakan tools RivaTuner, sebenarnya banyak sich tools untuk overclock VGA tapi disini saya coba memilih RivaTuner karena tool ini punya fitur yang lengkap. (jadi promosi nich…….)

Oh iyach sebelum menggunakan RivaTuner jika ada tools overclock VGA yang jalan di PC maka hapus terlebih dulu tool overclock VGA Card lainnya yang sobat blogger punya karena akan terjadi konflik antar tool sehingga akhirnya membuat detonator NVIDIA hilang, tapi jangan terlalu di kuatirkan tentang itu justru dengan hilangnya detonator NVIDIA maka game CRC 2005 masih bisa jalan khan.

Sekarang perhatikan gambar dibawah ini :




GeForce2 MX 100/200 32 Mb mempunyai GPU Frequency : 175 MHz dan Memory Frequency GPU : 334.09 MHz yang mana nanti akan kita coba tingkatkan agar menjadi lebih tinggi kecepatannya.



Ini adalah tampilan pada program RivaTuner untuk fitur mengubah Core Clock
dan Memory Clock, pertama-tama tandai dulu pada “Enable Low-Level
hardware-overclocking”.



Klik Detect pada pilihan menu dan tampillah tampilan seperti dibawah ini :



Asyik, overclock VGA siap dimulai, tinggal kita tarik saja Core Clock dan Memory Clock sampai batas garis biru sebelah kanan, setelah itu kita klik pilihan Test.



Setelah sobat blogger mengklik test maka ada proses dan setelah Test berhasil dilakukan maka tandailah pada Apply overclocking at Windows Startup lalu pilihlah Apply atau Ok.



Sekarang mari kembali dengan program PC Wizard 2006 lalu fantastis ! Saat ini GPU Frequency : 219.98 MHz dan Memory Frequency GPU : 422.38 MHz, kalau mau
lebih detil dalam pengujian bisa pakai Bencmark yang ada di PC Wizard 2006,dibawah ini tabel hasil pengujian.


Sebelum di OverClock Sesudah di OverClock
GPU Frequency : 175 MHzGPU Frequency : 219.98 MHz
Memory Frequency GPU : 334.09 MHzMemory FrequencyGPU : 422.38 MHz


Selamat malakukan overclock ya , tapi harus dicatat berhati-hatilah dalam melakukan overclock, segala kerusakan dalam komputer baik software maupun hardware bukanlah tanggung jawab saya maka jangan salahkan saya ya!!!!!!!.

Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...
1 Komentar untuk "OverClock VGA Card NVIDIA dengan RivaTuner"

gan koq punya ku ga respon ya??
padahal udah kedetek...
aku pk nvidia 9300 GS...
mohon bantuan gan.....

 
Back To Top