About me
hi all guest's, I am only a ordinary people, who want a better life then yasterday, fell free to ask about me and follow my another social media. thank's for visiting my blog.

apa itu Virus Komputer bagian 2: Resiko

apa yach risiko virus terhadap komputer?

yang harus para sobat blogger ingat adalah Virus dapat menjangkau komputer melalui berbagai macam cara. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.


  • Program dan document

  • Program komputer dan juga document dapat terinfeksi oleh virus. Ketika para sobat blogger men-sharing program atau document tadi kepada rekan-rekan sobat yang lain, maka hal ini membuat penyebaran virus akan semakin luas apalagi jika menyebar melalui jaringan LAN atau bahkan melalui internet.
  • Internet


  • sobat blogger bisa saja men-download program atau document yang sudah terinfeksi virus dari internet. Celah keamanan pada komputer Anda dapat membuat virus untuk memanfaatkannya. Virus dapat menular ke komputer Anda melalui internet secara otomatis tanpa Anda melakukan apa-apa sebelumnya.
  • E-mail


  • E-mail yang para sobat blogger terima setiap hari dapat saja membawa virus melalui attachment. ketika akan dijalankan program atau document yang ada pada attachment tadi, maka komputer akan terinfeksi oleh virus. Beberapa e-mail bahkan dapat mengandung script berbahaya yang akan dijalankan begitu sobat blogger melakukan preview terhadap e-mail atau membaca isi dari e-mail.
  • CD,disket atau removabel disk

  • Disket dapat membawa virus pada boot sector-nya. CD,disket atau removabel disk juga bisa berisi program yang sudah terinfeksi oleh virus.


File apa saja sich yang bisa diserang oleh virus?

Virus dapat menempelkan dirinya pada apa saja yang berjalan pada komputer. ada berbagai cara type serangan virus.

Program

Beberapa virus mampu untuk menginfeksi program komputer. Jika dijalankan program yang sudah terinfeksi virus tadi, maka kode virus secara otomatis juga akan dijalankan pertama kali. Virus-virus jenis ini muncul pada saat awal-awal munculnya virus di dunia komputer dan sampai sekarang masih merupakan ancaman yang serius apalagi dengan perkembangan internet yang mampu untuk mendistribusikan program dengan cepat ke seluruh dunia.

Document

Word processing atau spreadsheet, seperti MS Word atau MS Excel, seringkali menggunakan macro untuk mengotomatisasi suatu pekerjaan. Beberapa virus memanfaatkan fasilitas macro ini untuk menyebarkan dirinya sendiri ke document yang lainnya. Jika sobat blogger menjalankan document yang mengandung virus macro ini, maka dia akan meng-copy dirinya ke startup program yang membuka document tersebut dan akhirnya bisa menulari document lainnya yang masih bersih dari virus.

Boot sector
Ketika sobat blogger menghidupkan komputer, maka komputer akan mengakses suatu bagian pada disk yang disebut dengan "boot sector" dan akan menjalankan program yang nantinya akan memulai sistem operasi. Pada jaman awal-awalnya virus komputer, seringkali area boot sector ini ditumpuki dengan kode virus, sehingga ketika komputer dinyalakan dan mengakses boot sector, maka kode virus secara otomatis akan dijalankan pula.

Post a Comment