03 March 2008

Konfigurasi Windows Secara Manual Menggunakan Regedit

Mungkin sebagian dari para sobat blogger udah pada tahu manfaat dan kegunaan dari Regedit.exe, tapi saya yakin seyakin-yakinnya bahwa masih ada loh para sobat blogger belum tahu apa manffat dan bagaimana cara kerja dari regedit.exe ini.
Nach oleh sebab itu saya memberanikan diri walau dengan segala kekurangannya…. (He…he…he.) dibawah ini saya kan menjelaskan bagaimana menggunakan Regedit.exe.

Bagaiman menggunakan Regedit.exe

1. Membuka Regedit
Klik Start – Run lalu ketik regedit pada kotak isian Open lalu klik OK


RUN


Atau klik kanan pada menu start lalu pilih explore buka partisi C: lalu pilih windows dan cari Regedit.



2. Membuat dan menghapus Key
Klik kanan icon folder pada tree yang di dalamnya ingin dibuat key baru lalu klik New - Key dan beri nama sesuai yang sobat blogger inginkan. Jika sobat blogger ingin menghapusnya klik key yang dimaksud lalu tekan tombol Delete. Lalu Pilih yes pada kotak dialog yang muncul





3. Membuat, Merubah dan Menghapus String
Klik key di mana di dalam key tersebut akan dibuat string. Klik kanan di sembarang tempat pada jendela sebelah kanan. Klik New – String Value lalu beri nama string tersebut. Untuk merubah nama stringnya lagi klik kanan pada nama string yang dimaksud lalu klik rename dan ubah namanya. Jika ingin merubah datanya, double klik pada nama string yang dimaksud, masukkan data lalu klik OK. Jika anda ingin menghapusnya klik string yang dimaksud lalu tekan tombol Delete. Pilih yes pada kotak dialog yang muncul. Cara barusan juga dapat digunakan untuk DWORD, Binary, Multi-String dan Expendable String.


beberapa Contoh :
A. Mengganti Nama My Computer pada Desktop

1. Buka HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\CLSID\
2. Lalu Buat key baru dengan nama {20D04FE0-3AEA-1069-A2D8-08002B30309D}
3. Ganti data value pada string (default) dengan nama komputer yang sobat blogger mau misalnya MEMET lalu klik ok. Nah jadi dech nama My computer anda telah berubah.


B. Mengganti Wallpaper Additional Directory

Bagi para sobat blogger yang seneng gonta-ganti wallpaper, mungkin ini akan membantu dengan konfigurasi register dibawah ini.

1. Buka HKLM\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\
2. Ganti data pada string WallPaperDir menjadi letak direktori yang sobat blogger mau nah abis itu klik ok. Setelah diklik coba para sobat klik kanan pad desktopnya lalu pilih properties kemudian pilih desktop lalu liat dech sekarang direktorinya langsung pada folder yang sobat blogger tulis.


C. Menonaktifkan Peringatan Low Disk Space

Pasti para sobat blogger merasa terganggukan karena ada peringatan hardisk anda penuh? Coba dech lakukan cara konfigurasi dibawah ini.

1. Buka HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer\
2. Buat DWORD baru bernama NoLowDiskSpaceChecks lalu masukkan angka 1 pada datanya.


Nah sekarang para sobat udah taukan fungsi dan manfaatnya trus bagaimana mengotak-atiknya walu Cuma sedikit contohnya moga bermanfaat buat para sobat blogger. Pesan saya jangan pernah kenal kata menyerah buat belajar maju terus pantang mundurrrrrrrrr.

Waspadallah!!! apapun kerusakan yang terjadi pada computer sobat akibat dari otak-atik ini jangan salahin saya yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa.

Singkatan :

1. HKCR = HKEY_CURENT_ROOT


2. HKCU = HKEY_CURRENT_USER
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...
0 Komentar untuk "Konfigurasi Windows Secara Manual Menggunakan Regedit"
 
Back To Top